Namanya Radif

Namanya Radif. Aku dan suamiku tanpa sengaja menemukan nama itu di sebuah situs pencairan nama bayi suatu hari menjelang hari akikahnya 5 bulan yang lalu. Kebetulan sekali, kami belum pernah sekalipun mendengar nama tersebut pada orang-orang di sekitar kami.  Hampir saja kami menyerah dan pasrah karena tak kunjung menemukan nama yang cocok. Ya, aku memang yg paling riwil soal pemberian nama panggilan. Sebisa mungkin tidak terkait dengan orang-orang di sekitar kami, baik saudara, tetangga, teman main, teman kantor, teman sekolah, teman kuliah maupun lingkaran sekitar mereka yang masih bisa kami jangkau. Pun tidak ingin menyerupai nama-nama anak artis, peran dalam sinetron/film, atau bahkan novel yang pernah ku baca. Sulit ya. Begitulah salah satu bagian menyebalkan menjadi seorang perfeksionis.
Radif umur 5 bulan

Radif, sebuah nama yang diambil dari bahasa Sansekerta. Bahasa favoritku dalam pencairan nama. Radif artinya sukses. Satu kata yang rupanya sering kali menjadi tujuan utama setiap orang dalam hidupnya. Mengapa? Tanpa sadar setiap dari kita yang belajar matian-matian, usaha mati-matian, hingga berdoa sungguh-sungguh, muaranya selalu pada kata sukses. Baik itu sukses dunia maupun akhirat bila ku gambarkan dalam agamaku. Sukses sendiri punya banyak sekali turunan arti yang tidak pernah menyempitkan makna sesungguhnya. Ya, sukses itu artinya luas sekali. Tidak berhenti pada hal-hal duniawi atau yang cenderung mengarah pada matrealisme. Sukses artinya lebih beragam untuk setiap orang. Dan, biarkan Radif yang memaknai sendiri kata sukses dalam hidupnya. Kami sebagai orang tua selalu berdoa, suksesnya Radif tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun mengena ke semua lini atau lingkaran dalam kehidupannya. Keluarga, agama, nusa, bangsa, dan negara.
 
Ayahnya yang tak lain adalah orang yang paling berhak memberikan nama untuk Radif, sudah menemukan kata kedua dan ketiga untuk namanya. Untuk dua kata ini, aku tidak begitu riwil sebagai mamanya selama artinya baik. Tersebutlah kami menemukan rangkaian nama yang tepat untuk anak pertama kami dengan arti harapan agar kelak dia menjadi anak laki-laki yang tampan, cerdas, bijaksana, kuat dan sukses, baik dunia dan akhirat serta senantiasa memberikan kedamaian pada orang-orang di sekitarnya. Nama belakang Radif merupakan nama depan ayahnya yang berarti damai.

Doa kami tidak akan pernah berhenti mengalir untukmu, nak. Berbahagialah dan janganlah kau bersedih hati. Bila bersedih tak perlu berlama-lama, segera tegakkan lagi kepalamu. Kami menyayangimu. Mama menyayangimu tanpa peduli bila pun nyawa yang menjadi taruhannya. Tumbuhlah dengan baik menjadi anak yang sehat, cerdas, sholih, dan baik hati lagi bijaksana. Tantang dunia dengan berani selama yang kau pegang adalah kebenaran. Selamat datang ke dunia kami, nak.

I am gonna share about my first vaginal delivery birth story soon.

0 komentar:

Post a Comment