, ,

Review Hotel: Swiss-Belinn Kristal Hotel, Kupang

Hai semua, kemarin aku baru saja menulis pengalamanku jalan-jalan ke kota Kupang untuk pertama kalinya. Nah, kali ini aku mau maraton mereviu beberapa hotel yang aku pernah menginap. Ada beberapa hotel yang kebetulan masih ada dokumentasi fotonya, jadi sayang kalau tidak diposting. Aku postingnya agak lambat karena pakai laptop lamaku yang umurnya udah hampir 10 tahun. Mengetik sambil tak berhenti mengucap istighfar karena lemot sekali astaga. Oke, kita langsung saja mereview salah satu hotelnya.

1. Harga dan Cara Pesan  
Radif lagi santai
Hotel pertama yang akan aku review adalah Swiss-Belinn Kristal Hotel, Kupang yang baru bulan lalu ku pakai untuk staycation. Rate aplikasi adalah 8/10. Untuk menginap di hotel ini, kalian bisa memesannya secara online melalui aplikasi yang kalian punya. Harga sewanya bisa jadi bervariasi antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya, tergantung tipe kamar dan tanggalnya juga. Kebetulan aku pakai aplikasi Traveloka. Harga sewa pada aplikasi tersebut adalah sekitar Rp400.000 untuk Superior, Rp500.000 untuk Deluxe, Rp750.000 untuk Grand Deluxe, dan Rp1.050.000 untuk Club Suit. Kalian bisa pilih sendiri mau yang mana.

2. Lokasi Hotel

Hotel ini lokasinya cukup strategis. Kalian bisa melihat daftar lokasi populer di sekitar hotel seperti Barelo Restaurant and Coffee-shop yang hanya berjarak 4 meter saja, 732 meter dari Pura Obananta, 8 km dari Bandara El-Tari, sekitar 1,9 km dari Taman Nostalgia, dan 948 meter dari Pelabuhan Kupang. Selain itu, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari aneka ragam tempat makan, dekat dengan gereja dan masjid, dan mudah menjangkau Lippo Mall. Bahkan, kolam renang dan pusat hiburan Subasuka serasa tinggal melangkah saja jaraknya. Kalian juga akan menemukan Pantai Pasir Panjang tak jauh dari hotel ini. Lebih lengkapnya dapat kalian lihat sendiri di google maps.

3. Fasilitas Kamar

Lobi hotel ini tidak begtu besar. Tidak ada lift di sini. Setelah tiba dan melapor ke resepsionis, kalian akan langsung di antar oleh bellboy ke kamar kalian. Kebetulan kamarku lokasinya agak jauh karena di gedung baru. Hotelnya memang sedang proses renovasi. Aku memilih tipe kamar Superior untuk 3 malam. Fasilitas yang aku dapatkan antara lain no smooking room, ranjang besar ukuran queen size, kulkas, wardrobe, meja kerja yang ada cerminnya, sepasang kursi santai dengan mejanya, tempat koper, telepon, televisi flat dengan saluran terbatas, kamar mandi pribadi dengan shower dan bathtub, handuk dan toiletris gratis, sandal hotel satu pasang, sepasang botol minum yang di-refill tiap hari, kopi, teh dan gula sachet beserta pemanasnya dan tak lupa sarapan gratis.
Ranjangnya queen size
Sandalnya dipakai Radif
Ada meja kerja dengan cerminnya
Wastafel dan toiletris, bersih dan kering tempatnya
Bathtub di kamar mandi
Kamarnya cukup luas dengan ukuran luas 32 meter persegi dengan view halaman parkir, my bad luck. Lantai kamarnya dilapisi karpet, nyaman dan bersih. Anak-anak dapat bermain-main dengan bebas karena terasa lebih empuk. Kalian dapat meminta cleaning service membersihkan kamar kalian dengan menggantung tulisan "Please make up my room" yang telah tersedia pada pegangan pintu luar. Handuk, keset, dan toiletris  diganti tiap hari. Aku agak tidak beruntung karena kulkas di kamar 1022 tidak dingin alias rusak. Kami sudah meminta petugas memperbaiknya namun tidak bisa. Petugas menyuruh kami untuk minta tukar kulkas ke layanan hotel.  Karena terlalu malas, kami lupa melakukannya. Alhasil sampai selesai menginap, kulkas tidak pernah terpakai.

4. Makanan Hotel

Berhubung kami memesan kamar dengan sarapan, kami mendapat voucher sarapan gratis untuk 2 orang, anak bayi tidak perlu voucher. Sarapan dimulai pukul 06.00-10.00 WITA. Restorannya berada di samping meja resepsionis. Lokasinya menghadap langsung dengan pantai dan kolam renang sehingga dapat menikmati pemandangan laut sembari makan. Menu yang disajikan cukup lengkap mulai dari nasi putih, nasi goreng, bubur ayam, lauk dan sayur beraneka macam, aneka snack dan minuman. Puas dan enak untuk ukuran NTT menurutku. Sembari makan, kalian juga akan dihibur dengan alunan musik sasando yang memainkan lagu-lagu pop lokal.
om pemain sasando
Selain itu, kalian juga bisa pesan makanan ke kamar kalian lewat telepon yang terhubung langsung dengan restoran hotel. Daftar menunya dapat kalian lihat di meja kamar kalian. Aku sempat pesan nasi goreng untuk makan siang Radif. Rasanya lumayan enak, porsinya banyak, lauknya macem-macem, masaknya cepet langsung diantar ke kamar, dan harganya lumayan terjangkau. Alternatif kalau mager keluar atau sedang tidak bisa keluar kamar sepertiku.
View dari restoran (source: tripadvisor)
5. Layanan lain

Hotel ini menyediakan kolam renang yang pemandangannya langsung ke arah laut. Sayangnya kemarin kami tidak sempat mencobanya karena hujan. Banyak lopo atau gazebo di pinggir kolam untuk tempat berteduh mengintip laut.
Contoh gazebonya, bersih
Kolam renang
Ada fasilitas antar jemput bandara juga, namun kami tidak tahu itu berbayar atau gratis, lagipula mencari grabcar di situ juga mudah dan cepat kok. Nah, kira-kira begitulah pengalamanku menginap di hotel ini. Lumayan berkesan sih, walau sempat underestimate karena ini hotel lama. Untungnya udah proses renovasi dan bersih. Cukup pantas mendapatkan rate 8/10. Tapi kalau ke Kupang lagi mungkin aku akan mencoba menginap di hotel lain agar tidak bosan. Bagaimana menurut kalian, tertarik mencobanya?

0 komentar:

Post a Comment